Spesifikasi Vespa Sprint 150 3V ie

Spesifikasi Vespa Sprint 150 3V ie

       Skuter legendaris asal negeri Italia kembali menggoyang pasar otomotif nasional dengan motor barunya yang bertajuk Vespa Sprint 150. Motor klasik yang sudah melegenda dan cukup nge-trend di era tahun 80-an tersebut akhirnya resmi diperkenalkan oleh PT Piaggio Indonesia dari Italia pada 25 Mei 2016 lalu di Gandaria City, Jakarta Selatan. Bahkan, sejak saat itu pula, Vespa Sprint 150 tersebut sudah bisa mulai dipesan oleh konsumen.

       Di sisi lain, kehadirannya dipastikan akan menjadi pesaing berat bagi para produsen motor lain yang sempat mendominasi pasar otomotif kendaraan roda dua di Indonesia. Kenapa demikian? Sebab, aura atau daya pikat Vespa Series teremasuk Vespa Sprint 150 ini, masih menjadi momok yang cukup menakutkan bagi beberapa produsen lain mengingat animo masyarakat, khususnya Indonesia terhadap motor Vespa masih terbilang cukup tinggi. Selain itu, sebagai motor klasik yang begitu melegenda, tentunya skuter ini akan dibekali dengan mesin tangguh dan pastinya harga jual Vespa Sprint 150 ini pun bakal dibanderol dengan angka yang cukup tinggi. Semakin penasaran bukan?

       Sampai dengan sekarang ini, Vespa berhasil memproduksi generasi scooter terbarunya yang di juluki sebagai Vespa Sprint 150 3V ie. Biarpun masih tetap mempertahankan desain klasik pada beberapa bagian. Tetapi mengenai kekhasan dari Vespa tetaplah terjaga, dirinya tetap terlihat klasik meski bentuk tubuhnya di buat lebih ramping dengan generasi terdahulunya, dan di sektor transmisi telah di ubahnya dari model manul ke transmisi otomatis, yang akan membuat para penggunanya lebih nyaman serta mudah untuk mengendarainya.

       Memiliki bentuk tubuh yang tak terlalu besar jika dibandingkan dengan pendahulunya, dimana pada versi yang sekarang ini tampil dalam era modern, vespa membentuknya dalam dimensi ukuran panjang 1860mm dan lebar 695mm. Terlebih tinggi tempat duduk yang di buat oleh vespa hanyalah 790mm, jadi buat sobat yang memiliki tinggi 165 ataupun 160cm, tak perlu ragu maupun takut tidak bisda mengendarainya, paslnya ukuran tersebut lagi-lagi sangat cocok dengan tinggi demikian. Apalagi di dukung dengan penempaan stang kemudi dan tempat duduk yang sibuat secara presisi serta dibuatnya dari material berkualitas tinggi pada bagian jok, menjadikan berkendara akan semakin terasa lebih menyenangkan, dan akan membuat pengguna tetap nyaman meski telah menempuh perjalanan jauh.



         Terlepas dari kenyamanan pada posisi riding, desain Vespa Sprint 150 3V ie ini pun tak bisa kita kesampingkan, karena disamping rasa nyaman sewaktu berkendara, desain pada scooter ini sungguh mencerminkan orang yang memiliki cita rasa tinggi terhadap sebuah kendaraan. Misa saja pada bagian depan, atau lebih tepatnya di bagian head lamp, vespa tetap mempertahankan kesan klasik yang diwujudkannya dengan lampu kotak, dan list chrome menyertainya di sisi frame, jadi selain memiliki fungsi penerangan yang optimal.
Disamping itu juga, vespa memadukan antara analog untuk penunjuk kecepatan serta RPM, lalu ada pula digital yang menunjukan akan indikator sisa bahan bakar, jarak tempuh, keadaan oli, dan tak ketinggalan logo vespa di bubuhkan pada bagian antara panel analog dan digital. Oiya ada yang ketinggalan, pada bagian belakang, sama halnya dengan bagian depan, vespa sendiri tetap mempertahankan desain klasik, cuma dirinya memoles dalam kesan modern, yang akan memberikan nilai juga lebih terhadap motor ini.


        Selanjutnya beralih ke bagian kaki-kaki, di sisi depan menggunakan model shock hidrolik yang ditempatkan miring, kemudian di bagian belakang jenis monoshock yang dapat diubah hingga 4 pengaturan sesuai dengan selera. Keduanya sama-sama memiliki daya redam tinggi, dan begitu bersahabat dengan jalanan negri kita ini yang kebanyakan kurang labil untuk daerah selain kota. Adapun untuk velg yang digunakan oleh Vespa Sprint 150 3V ie memiliki model racing berukuran 12 inch, dibalut bersama ban tubeles ukuran 110/70 (depan) dan 120/70 (Belakang).

       Adapun di sisi pengereman, di sisi depan bukan lagi menggunakan model tromol seperti vespa jadul, tetapi vespa sprint model sekarang telah mengadopsi sistem pengereman dis brake berdiameter 200mm yang di tempatkan di sebelah kiri, dan rem tromol diameter 140mm yang bisa dijangkau langsung melalui handle bar sebelah kiri. Nah masuk pada bagian paling inti, yakni dapur pacu. Sobat tak bisa anggap remeh maupun pandang sebelah mata akan performa yang dimiliki oleh scooter satu ini.

     Bentuk tubuhnya memang bisa di bilang tidak terlalu besar, tetapi semburan tenaga yang dihasilkan dari mesin tipe Iget, single silinder, 4 stroke, memiliki 3 katup dan kubikasi sebesar 154,8cc, sanggup menghasilkan power maksimum sebsar 8.7 kW pada setiap putara mesin 7500rpm, sedangkan untuk nilai torsinya sendiri mencapai angka 12 Nm pada 5000rpm. Dengan hasil demikian, jelas sobat otoboy sebagai pengguna dapat mencapai top speed hanya dalam hitungan detik saja, ditambah lagi sistem transmisi yang digunakan adalah jenis Automatic CVT.

         Dengan power besar yang dihasilkan dari dalam mesin yang di usungnya, selain top speed yang mudah dicapai, sobat juga akan merasakan handling mantap ketika berkendara. Sayangnya, biarpun mesin telah beralih ke versi 4 tak, tetapi vespa tidak melengkapinya dengan sistem pendingin radiator, melainkan dirinya hanya mengandalakan angin sebagai pendingin mesin. Tapi over all, soal performa tak perlu di ragukan lagi, dan pemakaian bahan bakar tetaplah ramah / irit berkat teknologi fuel injeksi yang dibawanya.

        Jika melihat spesifikasi yang ada, jelas scooter dari Vespa sangatlah mumpuni. Menariknya lagi, Vespa Sprint 150 3V i.e telah mendapatkan sertifikasi Euro 3, yang berarti selain irit BBM, dirinya juga ramah terhadap lingkungan, dan sudah barang pasti adanya keterangan demikian semakin menambah nilai jual yang ada, serta rasanya sah-sah saja jika harga Vespa Sprint 150 3V ie di patok di atas angka Rp.30 jutaan. Apalagi mengingat desain yang unik serta beda dari pada yang lain, sangat cocok dengan harga Vespa Sprint 150 3V ie itu sendiri.

     Setidaknya ada 4 pilihan warna yang di ditawarkan oleh vespa, terdiri dari : rosso dragon, montebianco, grigio titanio, dan blu midnight. Ke empatnya bisa di bilang merupakan warna premium, tapi sobat tak perlu khawatirkan soal perbedaan warna, karena biarpun berbeda, harga Vespa Sprint 150 3V ie ke empat-empatnya tetap sama, tinggal sobat sesuaikan saja dengan stock yang ada di dealer. Bagaimana ? tertarik untuk bisa membawanya masuk kedalam garasi rumah ? Demikian informasi yang dapat kami berikan seputar review, spesifikasi dan Harga Vespa Sprint 150 3V ie semoga bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan pertimbangan ketika akan membeli produk dari vespa.



Spesifikasi Vespa Sprint 150 3V ie

Mesin
  • Tipe mesin : Iget, single cylinder, 4 strokes, 3 valves
  • Diplacement : 154,8 cc
  • Power Tertinggi : 8.7 kW/ 7,500 rpm
  • Torsi tertinggi : 12 Nm/ 5,000 rpm
  • Sistem bahan bakar : Electronic injection
  • Tipe starter : electric
  • Sistem pendingin : Forced Air
  • Sistem pengapian : Electronic Ignition (Transistorized)
  • Emisi : EURO 3
Transmisi
  • Transmisi : Automatic CVT (Continuous Variable Transmission)
Dimensi
  • Panjang : 1.860 mm
  • Lebar : 695 mm
  • Tinggi : 790 mm
  • Jarak sumbu roda : 1,340 mm
  • Kapasitas bahan bakar : 9 liter
Rangka / Suspensi
  • Suspensi depan : Single sided trailing link with hydraulic shock absorber
  • Suspensi belakang : Shock absorber with adjustable preload with 4 settings
Pengereman
  • Rem depan : 200-mm disc brake with hydraulic control activated by handlebar right-side lever
  • Rem belakang : 140-mm drum brake with mechanical control activated by handlebar left-side lever
Ban
  • Ban depan : Tubeless 110/70 – 12”
  • Ban belakang : Tubeless 120/70 – 12”

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »