TIPS Cara Benerin Isapan Vespa yang Muncrat dan Nyembur #1


Pengisapan muncrat, nyembur, bahkan jebol memang kerap 'menghantui' vespa-vespa yang sudah berumur, seperti vespa vbb, vespa super, vespa sprint, vespa px atau excel dan varian vespa yang diproduksi 90an ke belakang. Tentu hal tersebut memiliki banyak faktor penyebab hingga atau sampai kejadian itu bisa terjadi, Sebelum mengetahui penyebab pengisapan/ isepan dan bagaimana cara benerin isepan vespa, alangkah baiknya kita bahas isapan/ isepan vespa secara fungsi, yuk ah simak.

Pengisapan vespa adalah jalur di mana sebelum bensin memasuki ruang bakar yang disuplai dari karburator. Tentu besaran lubang pengisapan ini memiliki tolok ukur atau standarisasi yang sudah diberikan oleh PT Piaggio Italia yang mengacu pada besar ukuran karburator itu sendiri.

Namun, seiring berjalannya waktu, lama-kelamaan, lubang itu mengalami gradasi/ pengikisan sehingga lubang tersebut secara kefungsiannya menurun, Nah, masbro faktor apa saja sih yang menyebabkan lubang isapan vespa mengalami kerusakan sehingga bikin karburator sering nyembur dan boros bahan bakar.

Faktor Penyebab Isepan Vespa Muncrat dan Nyembur

1. Kruk As
Kruk as yang tidak nyenter sangat berpengaruh pada kinerja isapan vespa, dari perputaran kruk as yang tidak nyenter itu, lambat laun bakal memberikan baret-baret kecil di sekitaran isepan.

2. Spi/ Kancing Seher
Kejadian ini memang jarang terjadi, namun ada beberapa kasus yang mana isepan vespa nyembur disebabkan kancing seher yang lepas sehingga membuat baret di bagian isepan.

3. Udara dan Debu yang Kotor
Walau hanya berdampak sepersekian persen saja, ternyata debu dan udara kotor bisa memperngaruhi kualitas isepan yang lama kelamaan memberikan baret-baret kecil. Untuk itu, gunakanlah selalu filter karburator.

4. Bahan Bakar dan Oli Samping
Walaupun ini masih sebatas opini, namun ada yang mengatakan kalau bahan bakar dan oli samping yang kualitasnya jelek, juga memberikan dampak buruk bagi pengisapan.

Cara Benerin Isapan Vespa Yang Muncrat dan Nyembur :

1. Turun Mesin
Cek kembali perputaran kruk as apakah perputarannya senter atau tidak, bila tidak, lakukan penyenteran kruk as.

2. Lubang Isapan
Cek lubang isapan, bila sudah ada baret-baret, lakukanlah penambalan. Penambalannya bisa dengan lem besi dan sesuaikan ukuran lubang isapan itu seperti sedia kala.

3. Tambal Las Alumunium
Bila sudah parah baret-baretnya, masbro mau tidak mau terpaksa mengunjungi las alumunium dengan menambal bagian-bagian yang sudah terkena baret-baret. Perapihannya dilakukan dengan cara porting pilish. Serahkan hal tersebut pada mekanik kepercayaan masbro.

4. Pakai Manipold Tumpuk
Saya tidak akan membahas secara detail di sini seperti apa, namun sering-seringlah masbro 'sering' dengan para skuterist yang paham dengan manipold tumpuk.

Seperti itulah masbro tips dan trik bagaimana cara benerin pengisepan vespa yang kerap muncrat dan nyembur yang bisa saya suguhkan, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »