TIPS Cara memperbaiki Perseneling Vespa Dengan Mudah #1


 Vespa merupakan skuter roda dua asal Italia yang sangat unik, bagaimana tidak, kendaraan ini memiliki posisi gigi tranmisi di tangan kiri. Tentu sangatlah berbeda dengan kendaraan roda dua yang lainnya.

Namun di balik uniknya posisi gigi tranmisi di tangan kiri, ada hal yang kerap "menghantui" pengendara vespa di bagian part ini, yaitu: perseneling sering keras saat perpindahan gigi, atau perseneling gigi sering loncat-loncat sendiri.

Sebenarnya apa sih penyebab perseneling vespa keras saat dioper/ perpindahan gigi? mari kita bahas secara ringan dan serius. hehe.

Penyebab Gigi Perseneling Vespa Keras dan Susah Dioper  

1. Kabel luar dan dalam.
Benar sekali, kabel-kabel perseneling yang sudah berumur memang salah-satu penyebab, bahkan faktor terbesar kenapa gigi atau perseneling vespa keras.

2. Bak Perseneling 
Bak perseneling juga berpengaruh pada keras dan tidaknya saat perpindahan gigi. Perhatikan bak perseneling vespa masbro, apakah terjadi pengaratan atau tidak, bila iya, berarti itulah salah-satu penyebabnya.

3. Terlalu Kencang Menarik Kabel Dalam Perseneling Vespa
Saat pergantian kabel bagian dalam perseneling, biasakan jangan terlalu kencang, berikanlah sedikit 'sepeleng' di bagian baud 'nepel'.

4. Pemasangan Kabel bagian luar Perseneling tidak pas.
Arti tidak pas di sini adalah: bagian-bagian kabel pun ada jalurnya, melewati bagian leher vespa perhatikan leher Vespa, apakah setang vespa saat dibelok-belokan ke kiri dan kanan apakah kabel tersebut mengalami pengenduran-penarikan sendiri atau tidak? bila iya, itupun bisa jadi penyebabnya, atau bisa diindikasikan karena ketidak-pasan dudukan kabel bagian atas perseneling, untuk bagian ini masbro baiknya menyerahkan ke yang lebih berpengalaman.


Cara Memperbaiki Gigi Perseneling Vespa Keras dan Susah Dioper  

1. Pergantian Kabel Luar dan Dalam Perseneling
Ini bisa dikatakan wajib loh bagi masbro yang masih awam tentang part-part Vespa, namun pergantian kabel luar dan dalam enggak setiap bulan atau setiap tahun, ya paling dua tahun sekali. Jadi tenang saja, biayanya pun tidak lebih dari 100rb, itupun sudah memakai kabel-kabel yang bagus.

2. Bak Perseneling 
Rajin-rajinlah memeriksa kondisi bak perseneling, minimal sebulan sekali, dan memberikan sedikit pelumas berbentuk 'stemplet', untuk atau agar tidak terjadi pengaratan.

3. Jangan Terlalu Kencang Menarik Kabel 
Biasanya hal ini terjadi saat pergantian dari kabel dalam yang lama ke kabel yang baru, jadi biasa saja ya masbro, jangan terlalu pakai otot. Hehe.

4. Jangan Sering Terkena Hujan
Di samping tidak baik untuk cat motor, air hujan pun kerap merusak part kabel bagian dalam perseneling, alasannya sederhana, air hujan banyak mengandung zat asam, sehingga memudahkan terjadinya pengaratan.

Itulah kiat dan tips tentang bagaimana cara memperbaiki perseneling vespa yang keras, simak juga artikel lainnya:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
November 14, 2018 at 6:59 PM delete

terima kasih kang admin, artikelnya bagus kali nihh, salam mesin kanan

Reply
avatar