TIPS Merawat dan Memperbaiki As Ayun Vespa #1


As ayun vespa Brader goyang-oblak, stang vespa Brader saat dikendarai terasa berat sebelah, ban vespa habis sebelah atau mungkin sering ngebanting ke kiri atau ke kanan? Itulah salah-satu penyebab dari as ayun yang sudah tidak layak pakai.

Sebelum mengupas bagaimana cara merawat dan memperbaiki as ayun vespa, alangkah baiknya kita tengok terlebih dahulu kenapa as ayun vespa bisa mudah cepat rusak, yuk ah simak:

Penyebab As Ayun Vespa Mudah Rusak

1. Shockbreaker yang sudah tidak layak pakai/ mati.
Salah-satu pemicu dari as ayun vespa mudah rusak yaitu shockbreaker, alasannya sederhana, tingkat kekerasan dan kelenturan shockbreaker vespa sangat mempengaruhi ketahanan dan kinerja as ayun itu sendiri, untuk itu perhatikan umur shockbreaker, dan saat melakukan pergantian shockbreaker, cari shockbreaker yang memang benar-benar direkomendasikan.

2. Tingkat Kualitas As Ayun 
Mungkin di sini banyak yang tidak sadar, ternyata merk atau brand as ayun juga menentukan kwalitas dan ketahanan as ayun, maka dari itu carilah as ayun yang memang benar-benar baik secara ketahanannya.

3. Jalan Rusak
Di jalanan rusak, alangkah baiknya masbro mengendarai vespa dalam kondisi pelan, ini dimaksudkan agar tidakcepat merusak as ayun bahkan lebih parahnya lagi sampai kena ke bagian shockbreaker.


Tips Merawat As Ayun Vespa 

1. Pemilihan As Ayun
Ingat masbro ini pemilihan as ayun loh ya bukan pemilihan kepala daerah, hehe. Pemilihan di sini maksudnya adalah merk dari produk as ayun itu sendiri. Banyak koq yang rekomended, mulai dari dan motor, vivo, pag, fa italia, dan lain-lain, dan satu hal yang mesti diingat: jangan tergiur dengan harga as ayun yang murah ya masbro, utamakan kualitas.

2. Cek Kondisi As Ayun
Pengecekkan kondisi as ayun bergantung pada pemakaian kendaraan, bisa seperminggu sekali atau perbulan. Untuk as ayun vespa fork 3, semisal vespa super, ps dan vbb, bisa menambahkan pelumas 'stemplet' di bagian lubang dekat shockbreaker secara rutin, untuk as ayun kaki dua, semisal px dan excel, masbro harus bisa memilih pelumas 'stemplet' yang kualitasnya cukup baik saat sebelum pemasangan as ayun.

3. Hindari Jalan Rusak 
Vespa dari sananya sudah dirancang dengan sistem peredam kejut tunggal, jadi sangat rentan terhadap kerusakan di bagian kaki-kaki, untuk itu, hindarilah jalan berlubang, bilapun tidak bisa menghindari, gunakan kecepatan pelan saat mengendarainya.

Tips Memperbaiki As Ayun Vespa yang Sudah Rusak

1. Lepaskan Roda dan Tromol Depan 
Pelepasan di sini agar memudahkan membuka as ayun.

2. Lepas Kancingan As Ayun
Lepaskan kancingan as ayun tersebut, kemudian as yang berada dalam fork tersebut keluarkan, bilapun keras, gunakan tongkat atau obeng yang sedikit tumpul lalu pukul secara perlahan agar as bersebut bisa keluar.

3. Cek Keausan Laher Bambu Pada Fork
Pergantian laher bambu ke laher peluru, bisa disesuaikan dengan tingkat keausan laher tersebut, bilapun belum terlalu aus, masbro tidak usah menggantinya dengan laher peluru, cukup dengan laher bambu yang baru. Namun jika harus diganti dengan laher peluru, masbro harus membubut dudukan laher tersebut, proses pengerjaannya serahkan pada tukang bubut.

4. Gantilah As Ayun dengan Yang Baru
Pasang kembali seperti sediakala dengan as ayun yang baru, pasang secara perlahan, agar tingkat ke-presisian laher dan as bisa berfungsi secara optimal.


Nah Brader, itulah sekilas bagaimana cara merawat dan memperbaiki as ayun vespa, semoga artikel ini bermanfaat dan bilapun ada yang merasa dirugikan dan dibodohi dengan artikel ini, penulis haturkan maaf. Terimakasih.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
March 3, 2022 at 11:28 AM delete

Wynn Casino Hotel, Las Vegas - MapYRO
Wynn 구리 출장마사지 Tower Suite King. 거제 출장마사지 3131 Las 제천 출장마사지 Vegas 경상남도 출장샵 Blvd. South Las Vegas, NV 89109. Phone: 702.226.7711. E-mail: investorrelations@wynnresorts.com. 오산 출장안마

Reply
avatar