Spesifikasi VESPA LX 150 ie
Sebenarnya Piaggio mengeluarkan beberapa model/seri untuk motor Vespa matic terbarunya,setelah pembahasan sebelumnya adalah Vespa LX 125 namun yang akan kami bahas kali ini adalah Vespa LX 150 IE. Vespa matic terbaru ini mengusung model skuter matic modern dengan bentuk ciri khas Vespa dari tahun '60 sampai '90-an. Bodinya dibuat lebih ramping, namun tetap terlihat kokoh dengan bahan yang terbuat dari baja berkualitas yang disesuaikan untuk penggunaan sehari-hari. Balutan warna-warna ceria pada tubuhnya yang dipadukan dengan beberapa aksen krom seperti pada kaca spion, list lampu utama, lampu sein, handle bar serta cover anti panas pada knalpot membuatnya tampil lebih stylish dan elegan. Sehingga bila anda menggunakan Vespa LX 150 di keramaian maka jangan kaget bila semua mata menuju ke arah anda. Desain speedometer yang modern dan mudah terbaca dengan tambahan berupa jam digital membuatnya tampil semakin ekslusif dan sporty.
Perubahan yang sangat signifikan dari sebuah skuter Vespa matic ini adalah pada mesinnya, jika motor Vespa jaman dulu masih menggunakan mesin tipe 2 tax dengan transmisi kopling manual yang khas, sekarang beralih menjadi mesin 4 tax dengan transmisi CVT (otomatis) berteknologi canggih. Piaggio pun semakin membuktikan konsistensinya dengan menghadirkan motor vespa matic yang tampil lebih modern, mesinnya sudah memakai teknologi pembakaran injection sehingga lebih ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Dengan kapasitas mesin sebesar 150 cc skutik Vespa LX 150 ini mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 8,6 kW pada putaran 8.000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 11.2 Nm pada 6.250 rpm.
Untuk menambah kenyamanan dan kestabilan motor vespa matic LX 150 ini menggunakan lengan tunggal dengan pegas helical dan peredam kejut hidrolik double-acting tunggal pada suspensi bagian depan serta peredam kejut yang bisa disetting 4 tingkat pada suspensi belakangnya. Joknya dibuat sangat lebar, dengan posisi badan yang tegak dan posisi tangan yang pas untuk mengedalikan kemudi anda tidak akan merasa lelah walaupun menempuh perjalanan jauh, kenyamanan put tidak berkurang saat berkendara dengan 2 orang penumpang. Ditambah dengan penggunaan ban dan velg racing yang tebal dan lebar, skuter matik ini mampu diajak bermanuver dengan lincah dan gesit melewati kepadatan lalu lintas kota maupun ketika melalui jalan berkelok saat perjalanan jauh ke luar kota. Untuk lebih jelasnya, data spesifikasi Vespa LX 150 ini bisa dilihat di dalam tabel di bawah ini:
SPESIFIKASI VESPA LX 150 ie
| |
DIMENSI
| |
Panjang
|
1.770 mm
|
Lebar
|
705 mm
|
Tinggi keseluruhan
|
1.280mm
|
Jarak Sumbu Roda
|
1.280 mm
|
Kapasitas Tangki
|
8.5 L
|
Berat Kosong
|
114 + 5kg
|
SASIS
| |
Suspensi Depan
|
Lengan tunggal dengan pegas helical & peredam kejut hidrolis double-acting tunggal
|
Suspensi Belakang
|
Peredam kejut dengan 4 Setting adjustable
|
Rem Depan
|
Cakram
|
Rem Belakang
|
Tromol
|
Ban Depan
|
Tubeless 110/70 – 11"
|
Ban Belakang
|
Tubeless 120/70 – 10"
|
MESIN
| |
Mesin
|
LEADER 4 Langkah, silinder tunggal, 2 katup
|
Sistem Pengapian
|
Injeksi
|
Kapasitas
|
149.5cc
|
Daya Maksimum
|
8.6 kW/8.000 rpm
|
Torsi Maksimum
|
11.2 Nm/6,250 rpm
|
Sistem Pendinginan
|
Udara
|
Transmisi
|
CVT Otomatis
|
Standar Uji Emisi
|
Euro 3
|
EmoticonEmoticon