Spesifikasi New Vespa PX 150

Spesifikasi New Vespa PX 150 



       Jangan ngaku scooterist sejati klo ga kenal sama model Vespa yang satu ini, yaa itulah Vespa New PX 150 yang merupakan bagian dari keluarga besar Vespa PX Series. Motor yang telah menjadi legenda di Indonesia sejak tahun 80-an ini kembali muncul pada tahun 2012 di tanah air melalui gelaran Pekan Raya Jakarta (PRJ) dengan teknologi modern yang tetap mempertahankan ciri khas utamanya jaman dulu. 

       Piaggio Indonesia sepertinya ingin membangkitkan kembali kenangan para Vespaholic di tanah air beberapa dekade ke belakang dengan meluncurkan New Vespa PX 150 ini. Nah, seperti apakah sosok motor Vespa PX 150 terbaru ini. 

      Bagi anda penggemar motor Vespa yang lahir antara tahun 70-80an pastinya sudah mengenal bentuk bodi secara keseluruhan dari Vespa PX Series. Nah, sepertinya selain bertujuan untuk memberikan nostalgia, bentuk tubuh PX yang menjadi ciri khas sejak jaman dulu itu tetap dipertahankan sebagai daya tarik utama untuk para pecinta Vespa di seluruh dunia. 

      Menggunakan model lampu depan berbentuk bulat dan lampu belakang kotak serta dua buah lampu sein di sayap depan dan 2 lagi di bagian tebeng sampingnya, sudah mewakili konsep klasik nan legendaris sang leluhurnya. Desain Spion berbentuk bulat dengan rangka berlapis krom juga semakin mempertegas nilai antiknya. Selain mengusung konsep Vespa sebagai motor yang tak lekang oleh waktu, New PX 150 ini juga tetap mempertahankan ketangguhan mesin  dan bodi-nya yang terbuat dari rangka baja yang kokoh, kenyamanan berkendara, gaya yang sempurna dan fungsionalitas yang mudah dikendarai. Jok model menyatu antara pengemudi dan yang dibonceng akan memberikan kenyamanan yang lebih saat menempuh perjalanan jauh.  

     Untuk dapur pacunya sendiri, Vespa PX 150 Terbaru ini masih menggunakan mesin 2 tak berkapasitas 150 cc yang didukung transmisi manual 4-speed di bagian kiri stang motor yang merupakan ciri khas Vespa sejak jaman dulu. Sehingga Vespa New PX ini menjadi model satu-satunya yang mempertahankan jenis transmisi tersebut di tengah kehadiran model-model terbaru Vespa yang bertransmisi matic. 

        Namun mesin tersebut telah disesuaikan dengan isu global yang mengharuskan mesin kendaraan bermotor lebih ramah lingkungan, hal ini dibuktikan dengan uji emisi gas buang New PX 150 yang telah lulus standar Euro 3. Fitur electric starter pun dipasang untuk memberikan kemudahan bagi pengendaranya dalam menghidupkan mesin, selain dengan menggunakan kick starter bawaannya. Sementara di bagian rem, masih mengandalkan rem belakang dengan pijakan kaki dan untuk bagian depan sudah menggunakan sistem rem cakram tunggal.

        Dengan mesin karburator yang telah disempurnakan, Vespa PX 150 terbaru ini mempunyai daya maksimum sebesar 5,8 kw pada putaran 6.000 Rpm dengan torsi puncak mencapai 11,2 Nm pada 4.000 Rpm. Untuk keperluan perjalanan jarak jauh (touring) anda tidak perlu khawatir dalam membawa bekal bahan bakar karena daya tampung tankinya cukup besar yaitu sebanyak 8 liter.



Desain
         Mengusung Desain Super Klasik yang Begitu Elegan
Sebagai langkah awal pada pembahasan, kali ini Sahabat CUSS akan mengawalinya dengan mengulas pada sektor eksterior fisik dari spesifikasi Vespa PX 150. Pada bagian tampilan fisiknya ini, motor klasik yang pernah melegenda di tahun 70-80an ini tampaknya memang masih mengusung konsep desain unik pada setiap sisi bodinya. Hal itu bisa dilihat dari model lampu depan (head lamp) yang memang diketahui masih mempertahankan desain aslinya berbentuk bulat lengkap dengan dua buah lampu sein di sayap pada bagian depan motor Vespa PX 150 ini. Dengan begitu, tampaknya sektor desain seperti ini sudah mewakili konsep klasik nan legendaris sang leluhurnya. Tak hanya itu saja, pada desain spion pun juga tak kalah menarik di mana untuk spion depan dibentuk bulat dengan rangka berlapis krom sehingga semakin mempertegas nilai antik dari Vespa PX 150 ini. Lalu, pada bodi bagian belakang, terpasang stop lamp yang didesain berbentuk kotak beserta 2 buah lampu sein pada bagian samping tebeng yang membuat tampilannya kian unik. Selain mengusung konsep motor klasik yang tak lekang oleh waktu, Vespa PX 150 ini juga tetap mempertahankan ketangguhan mesin dan bodinya yang terbuat dari rangka baja yang kokoh, sehingga akan memberikan kenyamanan berkendara, menampilkan gaya yang sempurna dan fungsionalitas yang mudah dikendarai. Tak hanya itu saja, pada joknya pun Vespa PX 150 mengusung model menyatu antara pengemudi dan yang dibonceng akan memberikan kenyamanan yang lebih saat menempuh perjalanan jauh. Tak sampai di situ saja, skuter ini memiliki tangki bahan bakar yang berkapasitas 8 liter yang dirasa cukup sebagai bekal ketika dikendarai untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Sehingga, bisa dikatakan bahwa spesifikasi Vespa PX 150 pada sektor tampilan eksteriornya ini cukup menarik dan begitu menawan.


Speedometer
Speedometer Klasik Namun Tampilkan Informasi Akurat

      Menginjak pada pembahasan selanjutnya, kita akan mengulas pada sektor panel indikator dari spesifikasi Vespa PX 150. Nah, pada bagian ini, tampaknya Vespa masih mempertahankan instrumen indikator yang bergaya klasik dengan panel analog. Untuk desainnya sendiri pun cukup simple yaitu dengan bentuk bulat di mana di dalamnya terbagi menjadi 2 bagian, yaitu sektor atas dan bawah. Untuk sektor atas dari panel indikator Vespa PX 150 akan ditampilkan informasi terkait dengan kapasitas bahan bakar. Sementara itu, pada bagian bawahnya akan menampilkan kecepatan dalam hitungan Km/jam dan jarak yang telah dilalui. Tentu, hal ini akan memberikan pengalaman yang cukup menyenangkan bagi para pengendaranya. Tak hanya itu saja, pada bagian bawah dari panel indikator Vespa PX 150 ini juga akan menampilkan indikator beberapa lampu, yaitu lampu sein, lampu jarak jauh (High Beam) serta indikator kapasitas bahan bakar. Tentu saja, jika kita teliti secara keseluruhan maka bisa disimpulkan bahwa panel indikator pada spesifikasi Vespa PX 150 ini memang tampak simple dan terbilang cukup informatif dan mudah dipahami oleh pengemudinya.



Dimensi
Dimensi Mungil Namun Dibekali Rangka Monocoque yang Kokoh dan Ringan

      Selain memiliki bentuk bodi yang unik, spesifikasi Vespa PX 150 ini juga memiliki dimensi mungil yang disokong rangka kokoh namun tetap ringan. Tentu, hal ini menjadi salah satu kelebihan Vespa Series yang dikenal sejak generasi awal terdahulu. Nah, untuk dimensinya sendiri, Vespa memiliki ukuran tubuh bodi yang unik di mana memiliki panjang 1.810 mm, lebarnya 740 mm, tinggi keseluruhan 1.370 mm, dan memiliki jarak sumbu roda mencapai 1.260 mm. Tak heran jika bentuk bodi Vespa PX 150 ini cukup unik dan berbeda dari motor lain. Tak hanya itu saja, Vespa juga mengandalkan rangka tipe Monocoque load bearing reinforced steel design yang dikenal sangat kokoh tetapi juga sangat ringan sehingga bobotnya hanya mencapai 112 Kg saja. Namun, sayangnya untuk ukuran ground clearance dari Vespa PX 150 ini masih belum diketahui secara pasti. Yang jelas bahwa motor antik Vespa ini hanya cocok digunakan untuk dikendarai di medan perkotaan saja mengingat bentuk bodi dan dimensinya tak sesuai jika dikendarai di medan off road. Di sisi lain, untuk tinggi tempat duduknya pun juga tak terlalu tinggi, yaitu jok Vespa PX 150 hanya mencapai 810 mm sesuai dengan postur tubuh orang Indonesia pada umumnya sehingga pengemudi pun akan lebih mudah dalam mengendalikan motor ini, terutama ketika berhenti di jalan atau di lampu hijau. Dengan demikian maka tak heran jika spesifikasi Vespa PX 150 di bagian dimensi ini memang dikenal berdesain antik dan kokoh.


Suspensi
Disokong Suspensi Kokoh dan Pengereman yang Mumpuni

   Tak hanya dimensinya saja yang antik dan kokoh, guna memberikan kenyamanan dalam berkendara, maka spesifikasi Vespa PX 150 ini juga akan dibekali kaki-kaki yang kokoh, yaitu berupa suspensi yang disematkan pada bagian depan maupun belakang. Untuk suspensi bagian depan, skuter ini akan dibekali dengan tipe Single sided link arm design with coil spring & dual effect shock absorber. Sementara itu, untuk suspensi belakang Vespa PX 150 akan dipersenjatai suspensi tipe Single coil spring shock absorber with dual effect dampening. Kedua suspensi ini dikenal sangat cukup baik dan sempurna dalam menjaga keseimbangan motor ketika dikendarai. Bahkan, rasa nyaman pun juga akan terasa oleh si pengemudi maupun penumpangnya mengingat kedua suspensi dari Vespa PX 150 tersebut juga mampu meredam setiap getaran atau goncangan ketika melewati medan jalan yang kurang rata. Selain itu, kekokohan kaki-kakinya pun juga didukung velg berukuran 10 inci dengan ban yang berukuran 3.50 pada sisi depan maupun belakang. Meski terbilang cukup kecil namun dengan velg dan ban tersebut maka justru akan mempermudah Vespa PX 150 yang berbodi mungil ini bermanuver di medan jalan perkotaan. Tak hanya itu saja, untuk memberikan kontrol lajunya maka motor antik asal Italia ini akan dilengkapi dengan pengereman handal, yaitu tipe rem Stainless Steel Disc berdiameter 200 mm pada bagian depan dan tipe rem Drum berdiameter 150 mm. Kedua rem pada spesifikasi Vespa PX 150 tersebut diklaim cukup mumpuni mengontrol laju kecepatan dari motor ini secara sempurna.


Mesin
Dibekali Mesin Berkapasitas 150 cc Single Cylinder dengan Teknologi Rotary Valve Induction and Catalytic Converter

      Pada bagian sektor dapur pacu dari spesifikasi Vespa PX 150. Pada sektor dapur pacunya ini, motor antik buatan pabrik asal Italia ini akan mengandalkan mesin berkapasitas 150 cc 2 langkah dengan silinder tunggal dan didukung dengan sistem rotary katup induksi dan catalyc converter. Mesin tersebut akan didukung dengan sistem transmisi 4 percepatan manual di bagian kiri stang motor yang merupakan ciri khas Vespa sejak jaman dulu. Sehingga Vespa PX 150 ini menjadi model motor satu-satunya yang mempertahankan jenis transmisi tersebut di tengah kehadiran model-model terbaru Vespa yang bertransmisi otomatis. Nah, untuk tenaga mesin yang dihasilkan pun cukup powerfull di mana mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 5,8 kw pada putaran 6.000 Rpm dan mampu mencapai torsi puncak hingga titik 11,2 Nm pada 4.000 Rpm. Tentu, tak heran jika laju dari Vespa PX 150 ini bakal tak kalah saing dengan beberapa motor lain di segmen yang sama. Tak sampai di situ saja, menariknya bahwa dengan isu global yang mengedepankan mesin kendaraan bermotor lebih ramah lingkungan maka uji emisi gas buang dari kendaraan Vespa PX 150 yang telah lulus standar Euro 3. Di sisi lain fitur electric starter pun juga turut dipasang untuk memberikan kemudahan bagi pengendaranya dalam menghidupkan mesin selain dengan menggunakan kick starter bawaannya. Tampaknya, bagian dapur pacu dari motor antik ini tak bisa dianggap remeh mengingat selain mampu menghasilkan tenaga super, mesin yang diusung pada spesifikasi Vespa PX 150 ini juga sangat ramah lingkungan.


Fitur
Dilengkapi dengan Fitur Standar Namun Fungsional

     Sampai pada ulasan ini, kita akan mengulas beberapa fitur yang memang disematkan pada spesifikasi Vespa PX 150 ini. Tak perlu berlama-lama, pertama untuk menunjang keselamatan dalam berkendara, motor unik ini akan dibekali dengan dua rem yang tersematkan pada sisi depan maupun belakang di mana untuk bagian depan menggunakan tipe Stainless Steel Disc berdiameter 200 mm pada bagian depan dan tipe rem Drum berdiameter 150 mm. Kedua rem yang tersemat pada Vespa PX 150 tersebut cukup mumpuni untuk menahan maupun mengontrol laju dari motor ini. Selain itu, jok dengan bergaya klasik yang menyatu antara pengemudi dan penumpangnya ini pun kan semakin membuat nyaman pengguna Vespa PX 150 ketika berkendara. Kemudian, pada bagian depan, tepatnya di bawah daerah pijakan kaki terdapat tempa bagasi yang bisa digunakan untuk menyimpan tas. Tentu, dengan beberapa fitur yang disematkan di atas maka dipastikan bahwa segala komponen pada spesifikasi Vespa PX 150 ini akan mampu bersaing dengan beragam motor matik yang saat ini menjadi dominasi di pasar otomotif.


Spesifikasi Vespa PX 150

Mesin
Tipe MesinSingle cylinder air cooled 2 stroke with rotary valve induction and catalytic converter
Kapasitas Mesin150 cc
Diameter x Langkah57.8 x 57 mm
Sistem PengapianKarburator
Sistem PendinginanUdara
Tenaga Maksimal5.8 kW/6.000 rpm
Torsi Maksimal11.2 Nm/4.000 rpm
Sistem TransmisiFour speed manual
Standar Emisi Gas BuangEuro 3
Tipe StarterElectric and kick start
Dimensi
P x L x T1.780 mm x 750 mm x 1.370 mm
Jarak Sumbu Roda1.250 mm
Tinggi Jok810 mm
Berat Kering112 kg
Kapasitas Tangki8 liter
RangkaMonocoque, load bearing reinforced steel design
Kaki-kaki
Suspensi DepanSingle sided link arm design with coil spring & dual effect shock absorber
Suspensi BelakangSingle coil spring shock absorber with dual effect dampening
Rem Depan200 mm Ø stainless steel disc
Rem Belakang150 mm drum
Roda Depan3.50 – 10″
Roda Belakang3.50 – 10″

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »